ANALISA HARIAN

ANALISA HARIAN
PAIR EU, 6 OKTOBER 2012

Jumat, 04 Mei 2012

TENTANG ANALISA FUNDAMENTAL

Analisa fundamental adalah suatu metode yang menginterpretasikan berita-berita dan kejadian-kejadian, baik ekonomi maupun politik, yang diperkirakan akan berdampak pada pergerakan mata uang negara terkait. Misalnya, laporan pengangguran Amerika yang memburuk berpengaruh pada kekuatan USD, atau perseteruan politis antara Amerika dan China, bisa mempengaruhi mata uang negara-negara yang berbasis komoditi, seperti AUD dan CAD, karena dikhawartirkan perseteruan ini akan mempengaruhi impor China dari Australia, Canada, dan lain sebagainya.

Analis akan memprediksi kaitan-kaitan dari berita yang satu dengan berita yang lainnya, misalkan data produksi industri menurun, namun permintaan konsumen masih tinggi, maka bisa diprediksi akan ada kenaikan harga barang. Atau contoh lain, meingkatnya pengangguran akan memicu penurunan konsumsi masyarakat, hal ini akan berpengaruh pada melambatnya perputaran ekonomi, bank sentral akan menurunkan suku bunga agar penduduk lebih cepat memutar uangnya dan membuka usaha-usaha baru.

Keunggulan dari analisa fundamental adalah kita mengetahui tren long term, seperti misalnya GDP akhir 2009 Inggris ternyata dirilis buruk, masih menunjukkan ekonomi yang lambat, dalam beberapa minggu selanjutnya terlihat GBP terus melemah karena investor merasa pesimis dengan ekonomi Inggris, butuh sesuatu yang baru untuk meyakinkan mereka bahwa Inggris baik-baik saja. Jadi dengan analisa fundamental, kita bisa menilai bagaimana ekonomi sebuah negara, jika dibandingkan dengan ekonomi negara lain, mana yang lebih kuat? Katakanlah Amerika tengah lebih baik dari Inggris, maka GBP/USD kemungkinan besar tren-nya akan turun.

Tentunya, semua metode pasti ada kelemahannya. Analisa fundamental bersifat prediksi, oleh karena itu ada unsur subyektif. Bagaimana analis memprediksi angka yang muncul akan dipengaruhi oleh diri si analis sendiri, misalkan data pengangguran di Amerika yang merilis adalah analis dari Amerika, mereka akan cenderung memasang ekspektasi yang bagus untuk negaranya. Hal ini yang disebut ‘bias’. Selain itu, reaksi tiap-tiap orang terhadap munculnya angka yang sebenarnya akan berbeda, ambil contoh trader A akan menganggap kenaikan harga rumah sebagai pertanda semakin cepatnya perputaran ekonomi, di sisi lain trader B mungkin beranggapan ini adalah gejala inflasi.

4 Comentários:

Unknown mengatakan...

Analisa yang baiak tentu akan emmabnatu trader untuk mendapatkan informasi yang tepat untuk bisa melakukan trading dengan hasil yang maksimal. seoarang trader tentunya harus menguasai analisa teknikal ataupun fundamental agar lebih mengerti tentang supply dan demand. sekarang saya memanfaatkan Berita keuangan yang update harian dan Kalender ekonomi fleksibel yang bisa disaring berdasarkan zona waktu, tanggal, kekuatan dampak peristiwa dari broker yang saya gunakan sekarang yaitu octafx

Maman Dulyaman mengatakan...

Kemampuan analisa (baik fundamental maupun teknikal) tentu akan sangat dibutuhkan dalam kita menjalankan kegiatan live trading. dengan kemampuan analisa yang bagus akan membuat upaya peraihan profit yang kita lakukan berlangsung optimal. untuk mendukung analisa fundamental yang saya lakukan, saya sangat terbantu dengan adanya fasilitas kalender ekonomi yang disediakan oleh OctaFX yang bisa saya akses secara leluasa untuk mendukung analisa saya dalam kegiatan trading.

ben utomo mengatakan...

banyak sekali keuntungan trader jika trader masuk ke broker ACY, karena ane sendiri sudah tiga bulan bergabung di ACY, menurut saya broker ACY ini sangat bagus, karena menyediakan kursus online dan edukasi yang lengkap serta gratis pulan. dan ada lagi yang paling ane suka yaitu eksekusi yang cepat dan tingkat keamanan dana nya yang terpercaya.

Unknown mengatakan...

Analisa fundamental itu sebaiknya bisa kita kombinasikan dengan analisa teknikal gan. Kombinasi keduanya akan menjadi senjata yang ampuh untuk kita bisa memprediksi pergerakan pasar dengan akurat. Itu lah sebabnya sebelum trading di Gainscopefx.com, saya selalu melihat dulu kalender ekonomi yang ada di situs resmi Gainscopefx.com supaya bisa melakukan analisa fundamental dengan baik.

Posting Komentar

 
 

MENTARI FOREX ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO