ANALISA HARIAN

ANALISA HARIAN
PAIR EU, 6 OKTOBER 2012

Rabu, 16 Mei 2012

BAB III : TEORI SUPLY (R) AND DEMAND (S)

Simple Strategi

Seorang trader sebaiknya secara konsisten identifikasi area dimana harga kemungkinan berbalik arah (turning point). Ada beberapa strategi yang dapat digunakan dalam memanfaatkanpergeseran ekuilibrium supply dan demand, yang juga dipicu oleh emosi manusia berupa Fear,Greed, dan Ketidakpastian.

Jika entry pada situasi reversal dilakukan seperti orang lain, maka kita hanya memiliki sedikitatau tidak punya keunggulan sama sekali dibanding mereka. Karenanya tidak salah kalau kitakesulitan untuk bertahan di market dan membuat profit yg konsisten. Oleh sebab itu, prosesberpikir/analisa harus berujung pada antisipasi gerak harga harga dengan resiko yg minimal danpeluang paling besar. Layaknya nelayan yang menaikan layar, usakahan angin ada dibelakangperahu. Kita fokus dulu kepada sebuah strategi yang relatif mudah untuk dipahami.
 
Selling Setup

Kita gunakan chart dari posting sebelumnya, dimana Daily chart memperlihatkan bahwa hargabergerak naik mendekati dan masuk ke area Supply (resistance).
 
 
Simpel Strategi:
  1. S/D area teridentifikasi pada TF daily (minimal H1)
  2. Saat candle membuat high (A) pada daily chart, pindah ke intra-day time frame (M15atau M5) untuk mencari peluang Sell/Short entry.
  3. Pada TF kecil ini cari up candle terakhir yang disusul oleh down candle. (gambar bawah)
  4. Entry dilakukan pada down candle kedua, dan tidak perlu menunggu close-nya (gambarbawah)
  5. Penempatan SL sebaiknya di atas garis horisontal area S/D daily, jika anda tipikal intra-day di atas garis horisontal hourly.
  6. TP tempatkan pada area Demand (support) berikutnya, atau gunakan risk reward rasio minimal  2:1 
 
     
Catatan: saya sengaja tampilkan 3 buah gambar untuk mengenali signal dan entry candle, denganmengabaikan formasi atau bentuk candle pada chart. Untuk Buying setup, prosesnya dibalik saja .
 
Apa yang menyebabkan terjadinya reversal candle? pastinya bukan kerjaan trader profesional.Aksi beli yang dilakukan ini umumnya trader pemula setelah harga bergerak naik cukup jauh,beresiko tinggi dan ini adalah kesalahan pertama. Kesalahan kedua adalah membeli pada levelyang dekat dengan area supply dimana lebih banyak seller bersedia jual, seperti yg ditunjukanpada TF daily, artinya peluang sukses kecil. Sebagai trader, kita tidak mencari kepastian, namunhanya mencari probabilitas yang lebih baik.
 
Perhatikan bahwa closing candle (A) pada daily chart adalah reversal candle yang mengundanglebih banyak trader untuk masuk short keesokan harinya.
 
Konfirmasi daily reversal yang biasanya ditunggu-tunggu oleh sebagian besar trader menjadivalid, dan umumnya mereka akan merasa nyaman short/sell pada titik ini. Hal inilah yang kitainginkan, dan semakin diperlihatkan saat candle (B) mengindikasikan bahwa mereka masuk dengan kekuatan penuh (full force). Dengan kata lain, kita adalah bagian dari pengundang oranguntuk masuk, bukan sebagai tamu yang diundang. Lebih daripada itu, entry yang kita lakukanberesiko lebih rendah dari mereka yang short keesokan hari (B). Kesimpulannya, kita gunakanaksi trading short/sell massa di point B sebagai konfirmasi bahwa keputusan yang kita buat benaradanya. Kalaupun salah, kita exit dengan resiko rugi yang keci.
 
 

1 Comentário:

nini kutu mengatakan...

Maksih atas informasinya karena memang informasinya sangat bermanfaat untuk bisa melakukan trading dengan maksimal terutama untuk memperoleh profit yang konsistem. sekarang sayapun mencoba untuk memaksimalkan trading saya di octafx dengan menggunakan Metode deposit dan Withdrawal beragam termasuk bank lokal

Poskan Komentar

 
 

MENTARI FOREX ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO